.

Wednesday, January 1, 2014

Mengapa Rumah Kecil ?

"Membeli sebanyak dan sebesar mungkin." memang sudah menjadi budaya kita ketika memiliki dana yang cukup. Hal ini juga menjadi sebuah alasan beberapa orang tetap membeli rumah yang lebih besar karena memang sudah menjadi jargon budaya "Rumah Besar, itu selalu bagus"
Namun beberapa orang di penjuru dunia, mulai banyak melakukan perubahan. Diantara mereka lebih memilih tinggal di sebuah rumah yang sangat kecil. Dengan alasan utama yaitu untuk mulai menjalani hidup yang lebih sederhana. Kita semua tahu bahwa kebahagiaan muncul dari sebuah kesederhanaan bukan sekedar ukuran besar atau banyak.


Di negara kita sendiri harga bangunan dan lahan semakin melambung membuat kemampuan masyarakat untuk memiliki rumah semakin kecil.
Memiliki rumah kecil bisa jadi sebuah solusi untuk mencukupi kebutuhan tersebut. Sebuah awalan yang mesti kita lakukan adalah membesarkan hati untuk tinggal di sebuah ruangan kecil, serta menyempatkan sedikit waktu karena kita sendiri yang akan membangunnya. Ini akan sangat cocok diterapkan jika anda merupakan pasangan-pasangan muda, rumah kecil bisa jadi menjadi awalan yang tepat dan efisien untuk memenuhi kebutuhan papan, selanjutnya tinggal membiarkan rumah tersebut tumbuh seiring dengan bertambahnya anggota keluarga.
Jika ini adalah pilihan anda, mungkin akan muncul beberapa pertanyaan dari teman atau keluarga, Mengapa Rumah Kecil? Adapun beberapa alasan penting, mengapa kita harus tinggal di Rumah Kecil, antara lain :

1. Mudah Perawatan
rumah yang lebih kecil membutuhkan sedikit waktu Anda, energi, dan usaha untuk merawatnya

2. Hemat Biaya/Murah
rumah yang kecil relatif lebih murah dalam membangun dan operasionalnya ( air, listrik, asuransi, pajak  dll).

3. Keluar dari Gaya Hidup Komsumtif
Tinggal di sebuah rumah kecil adalah salah satu cara bagi kita untuk keluar dari gaya hidup konsumtif dan mengurangi konsumsi kita dari banyak hal.

4. Dampak Lingkungan Kecil
rumah yang lebih kecil membutuhkan lebih sedikit sumber daya untuk membangun dan perawatannyahal ini membuat semakin sedikit dampak lingkungannya

5. Membebaskan Jiwa
semakin ‘besar’ harta yang kita milikisemakin besar juga harta tsb ‘memiliki’ kita

referensi yang diambil :
10 Reason to Go Tiny
Six Reasons I Love Living in a Small House

Gambar diambil dari:
The House Detective: Very Small Japanese Houses