.

Wednesday, January 15, 2014

Rumah Kecil Portabel

Rumah Kecil Portabel adalah salah satu hasil pemikiran dari wokshop intern di studio akanoma, dimana setiap staff diminta menyumbangkan idenya untuk membuat sebuah rumah modular yang mampu memenuhi kebutuhan dan dapat dijangkau oleh masyarakat menengah kebawah di Indonesia. 
Rumah ini menggunakan sistem modular menjadikan ukuran rumah merupakan angka genap atau kelipatan angka panjang material yang dipakai sehingga proses pengerjaan yang cepat dan akurat. Untuk baja 6 meter, sehingga dimensi modul bersih  240x320, agar dimensi tsb bisa masuk pada modul-modul bahan industri seperti grc, multiplek,dsb yang memiliki ukuran 120x240 sehingga dalam pembangunan rumah tidak perlu banyak memotong material.

Lalu mengapa harus portabel dan modular?  Alasannya sebagai berikut :
1. Cepat dan Efisien
karena cara membangunnya hanya merakit dalam site, maka pengerjaannya lebih cepat dari pada rumah dengan menggunakan struktur konvensional

2. Hemat Upah Tukang
Untuk membangun rumah portabel, hanya cukup memerlukan 3 tukang saja, bahkan bisa dirakit oleh anggota keluarga tanpa harus memiliki keahlian tukang, sehingga bisa menghemat upah tukang.
 
3. Moveble
karena portabel, beberapa elemen bangunannya bisa dibongkar pasang, sehingga rumah bisa dipindah ketempat lain.hal ini memungkinkan rumah bisa dibangun dimana saja. tanpa harus membeli tanah, namun bisa juga menyewa lahan.
 
4. Minim Limbah
umah konvensional yang dibangun on site biasanya menimbulkan limbah pembangunan yang cukup banyak. Modul rumah portabel dibuat tidak harus dalam site, bahkan pekerjaan dalam site hanya sekedar merakit saja. hal ini bisa mengurangi limbah pembangunan serta mengurangi penggunaan air dan listrik yang berlebihan

Desain oleh : Yopie H
Status          : Akan dibangun di Desember 2014