.

Tuesday, March 25, 2014

Rumah Kecil Arka

Memiliki lahan yang menghadap barat biasanya kurang menguntungkan. Hal ini  dirasakan cukup berbeda yang oleh pasangan arsitek Dian Susilo dan Dyah Ayu. Ketika memutuskan untuk membeli sebuah rumah pada salah satu pengembang di Sukoharjo, mereka hanya mendapatkan 2 lahan yang tersisa yang menghadap Barat. Biasanya rumah yang menghadap barat akan menerima panas sinar matahari yang sangat tinggi pada pukul 13.00 hingga 16.00. Beruntung, karena lahan tersebut merupakan sisa yang belum terjual maka pengembang memperbolehkan Dian untuk merancang rumahnya sendiri, tentunya dengan luasan dan spesifikasi material yang disediakan pengembang.
 

Desain rumah kecil ini cukup berbeda dengan rumah standart tipe 36 yang di jual oleh pengembang. Dari tampilannya terlihat lebih bersih dan simpel tanpa assesoris tambahan seperti batu alam dan permainan list gypsum pada tampak mukanya. Dian cukup memahami apa yang jadi sebuah kelemahan rumah-rumah buatan pengembang, yaitu ventilasi. Agar aliran udara rumah lancar, Dian menambahkan satu deret kaca nako tepat dibawah plafon dan ring balk.  Selain melancarkan sirkulasi udara, jendela nako tersebut bisa mengeluarkan hawa panas akibat arah hadap rumah ke arah barat. Sebuah solusi yang cerdas.
 
 
Sedangkan untuk tampilan rumahnya, Dian tidak membuat desain ini menjadi lebih 'menor' ketimbang tampilan rumah-rumah tetangganya. Untuk tampilan sebuah rumah kecil, ada baiknya kita merancang tampilannya secara clean dan simple, tujuannya agar kesan fasade tidak berlebihan, dari segi biaya dan estetika. Untuk ruang dalam Dian membuatkan lemari built in sebagai penyeket antara 2 kamar, agar ruangan kesannya lebih kompak. Sedangkan untuk pemilihan warna ruang dalam, dipilih warna-warna yang netral namun hangat, disini dipilih warna putih tulang. Pemilihan warna pencahayaan ruangan pun dipilih warna putih kekuningan. Tujuannya masih sama, agar kesan simple rumahnya tetap terjaga dan terasa hangat. 


Rumah Kecil Arka 
Arsitek   : Dian Ariffianto Susilo
Lokasi    : Purbayan, Baki Kab Sukoharjo, Jawa Tengah
Tahun      :  2012
Foto dan Modelling : koleksi dari Dian Ariffianto Susilo