.

Wednesday, August 13, 2014

Rumah Pipih

"Kolaborasi Diba dan Apip memiliki konsep desain mengembangkan rumah kecil modular di lahan sempit 5x20 meter. Desain ini menjawab bagaimana pengembangan perencanaan sebuah rumah kecil yang tumbuh sesuai bertambahnya jumlah anggota keluarga. Desainnya juga menjelaskan rumah kecil yang ramah lingkungan serta produktif dalam konteks urban. berikut penjelasan desainnya."

PENGANTAR
Semakin bertumbuhnya permukiman dalam kota akan berdampak langsung dengan  penurunan kualitas lingkungannya. Seperti halnya krisis air bersih dikarenakan semakin mengecilnya area resapan air tanah dalam kota. Manajemen pengolahan sampah dan limbah dalam rumah yang belum tertata menyebabkan volume sampah kota semakin hari semakin menumpuk, karena sumber daya pengolahannya terbatas. Berdasarkan data EECCHI Sektor rumah tangga mengkonsumsi kira-kira 11% dari total energi di Indonesia. Wacana efisiensi energi, bisa dilakukan dari desain rumah yang merespon terhadap iklim seperti pencahayaan dan penghawaan alami.
Rumah ini bisa dijadikan Prototipe sebagai respon terhadap menurunnya kualitas lingkungan yang menjadi masalah permukiman urban. Rumah ini merupakan proyek rumah urban dirancang secara modular dengan prinsip mempertahankan daerah resapan air tanah, efisiensi energi serta membentuk identitas baru bahwa rumah Urban dilahan sempit bisa dimanfaatkan menjadi lahan produktif pangan keberlanjutan.

LAHAN
Lahan berukuran 5 x 20 meter diapit oleh dinding tetangga. Dengan lahan yang sempit, desain rumah mencoba mempertahankan area resapan air tanah dengan cara membuat struktur panggung sebagai respon terhadap kelembaban udara di sitenya yang bisa mencapai 75%. Desain juga menghindari dinding yang menempel pada bangunan tetangga tujuannya agar sirkulasi udara dan pencahayaan alami dapat masuk merata kedalam ruangan. Serta menghindari masalah fisik bangunan seperti rembes.
 


PANGGUNG
Konsep rumah panggung memungkinkan 80% lahan rumah dipergunakan untuk area resapan air. Hal ini memungkinkan tanah dapat menyimpan air dan air dapat terserap cepat sehingga genangan air tidak timbul. Dengan konsep rumah panggung juga membuat bangunan lebih bernafas sehingga dapat mengurangi kelembaban dari tanah yang masuk kedalam ruangan.


KONSERVASI AIR BERSIH
Penggunaan air bersih /air minum merupakan masalah yang makin parah karena kekurangan air bersih. Jika suatu kota harus mendatangkan air bersihnya dari pedalaman, maka kesuburan pedalaman tersebut akan menurun. Oleh karena itu, pengolahan air limbah merupakan tuntutan pokok bagi kota dan penggunaaan air hujan untuk kebutuhan membersihkan (MCK,siram,cuci kendaraan,lantai,dsb) serta untuk menyiram bunga,kebun, dan taman kota  adalah wajib pada masa depan.

MINIM LIMBAH DAN SAMPAH
Setelah terbangun, limbah rumah tangga di rumah ini tidak dibuang namun dimanfaatkan menjadi energi alternatif untuk memenuhi kebutuhan gas di dapur dan sisa pengolahan menjadi kompos untuk kebun produktif. pada masa depan.



MUDAH DAN CEPAT MEMBANGUNNYA
Rumah ini menggunakan sistem modular menjadikan ukuran rumah merupakan angka genap atau kelipatan angka panjang material yang dipakai sehingga proses pengerjaan yang cepat dan akurat. Untuk baja 6 meter, sehingga dimensi modul bersih  240x300, agar dimensi tsb bisa masuk pada modul-modul bahan industri seperti grc, multiplek,dsb yang memiliki ukuran 120x240 sehingga dalam pembangunan rumah tidak perlu banyak memotong material.


BAGAIMANA TUMBUHNYA?
Upaya pembangunan jangka panjang untuk menjadi rumah tumbuh dilakukan secara horizantal dengan menambah massa baru  untuk meminimalkan bongkaran agar efisien. Rumah ini tumbuh mengikuti bertambahnya jumlah anggota keluarga penghuni. Dalam sepuluh tahun pertama rumah modular dibuat bertahap untuk keluarga utama generasi pertama. Penambahan massa yang modular untuk tahap sepuluh tahun kedua, ketika anak membutuhkan tempat tinggal setelah berkeluarga. Area privasi tetap terjaga dengan massa dan akses yang dibuat terpisah, namun tetap dalam satu atap.

Perspektif depan dan Mata Burung
Kebun di area atap rumah
Area Ruang Makan dan Keluarga
View Kamar Utama
View salah satu kamar anak
Rumah Pipih Ramah Lingkungan
*sebuah entry sayembara rumah urban indonesia| ARBBI 2013